SUKA DUKA MENJADI SURVEYOR PERUSAHAAN PEMBIAYAAN

Penulis merupakan alumni surveyor dari salah satu perusahaan pembiayaan sepeda motor di Surabaya, awal mula kerja hanyalah iseng karena pada saat itu posisi penulis sedang menganggur dan mencari pekerjaan dan mencoba melamar di salah satu iklan lowongan pekerjaan, dan Alhamdulillah diterima.

Oh ya sebelum lanjut, bisa saya jelaskan sedikit, menurut saya surveyor dalam perusahaan pembiayaan itu ada dua, yang Pertama adalah murni surveyor dimana surveyor tersebut hnya menunggu orderan/surveyan dari marketing yang stay d dealer, sedangkan surveyor yang kedua merangkap menjadi marketing yang harus mencari kreditur/nasabah (Ini pendapat penulis sendiri yah). Penulis disini masuk kategori yang surveyor yang kedua.

 (Nunggu Calon Pemohon Kredit Di Dealer)

Awal mula penulis menjadi surveyor adalah ketika bulan puasa, dimana kita hrus bepergian dari satu rumah kreditur ke rumah kreditur lain di siang hari yang panas, untungnya penulis sudah terbiasa akan hal itu. Okey, penulis d training selama 1 bulan oleh senior, penulis hanya ikut saja dan memperhatikan apa yang senior lakukan selama menggali informasi dri pemohon kredit.

 (Senior Penulis Lagi Survey Pemohon Kredit)

Selang satu bulan, penulis sudah dipercayakan untuk membawa aplikasi/map permohonan kredit, dan sudh diberikan  tnggung jawab untuk memegang satu dealer. Penulis masih ingat pertama kali yang penulis survey adalah pemohon kredit sepeda motor YAMAHA R15.

(Yamaha R15 dan R25,,Cooll)

Ok, next rutinitas sehari hari yang penulis rasakan, adalah tiap pagi kita brefing sampai kira2 pukul 9an lalu penulis dan teman2 harusnya langsung ke dealer namun trkadang kita mampir warung kopi dahulu untuk sarapan hingga tengah hari, baru kita ke dealer masing masing, itu juga kalau tidak malas, kalau malas yah pulang ke kost teman atau ke rumah Liat TV.

 (Istirahat Siang Saat Tidak Ada Surveyan)




Menjadi surveyor kita mempunyai jam kerja yang fkleksibel, kadang pemohon kredit minta disurvey saat jam kerja (ini Enak), tp kadang-kadang pemohon kredit minta disurvey sehabis Isya dimana jam segitu merupakan jam istrahat. Tidak ada hari libur, tanggal merah atau hari minggu sekalipun, selama ada orderan surveyor harus berangkat, karena kita juga dikejar target bulanan yang harus tercapai.

(SIAP SURVEY KAPAN PUN DMANAPUN)

Surveyor bisa dikatakan mendapatkan gaji yang lumayan tinggi (bila target), namun juga terkadang harus siap juga untuk mengeluarkan uang untuk kredit macet yang kita survey so sbnernya sama saja karena gaji yang bnyak namun pngeluaaran juga banyak, dan itu juga yang membuat penulis berhenti dan mencari rejeki yang lebih BAROKAH.

(SIKLUS SURVEYOR TIAP BULAN) 
 
Itulah sedikit pengalaman penulis slama 1 thun menjadi surveyor, mungkin bisa menjadi rujukan teman2 yang mau melamar menjadi surveyor, tp kalau bisa mending cari yang lain ja yang lebih barokah.

Related Posts:

24 Responses to "SUKA DUKA MENJADI SURVEYOR PERUSAHAAN PEMBIAYAAN"

  1. hehe saran yang baik mas. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. nikmatin mas hehehe keren lanjutkan

    ReplyDelete
  3. keren mas cerita nya, semangat kerja dan nulis di blog nya :)

    ReplyDelete
  4. Mantap boss kisah ceritanya, semoga bermanfaat untuk pembaca khususnya yang bekerja dengan Profesi tersebut.

    ReplyDelete
  5. mantap bosss ceritanya.. semoga bisa menginspirasi lainnya..

    ReplyDelete
  6. sy juga ex surveyor mas, tapi untungnya lebih banyak pakai R4. sekarang sih sudah ga jadi surveyor lagi, lebih ke masalah pengawasan. ada dua tipe surveyor lagi yg kurang mas, surveyor yg murni survey dan surveyor yg cari duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo cr duit saya juga sering gan,,emng uangnya banyak tp saya rasa kurang barokah heheh

      Delete
  7. Replies
    1. yah itu kan dpt uangnya dari bunga mas,,lo di agama saya masi ada unsur riba gitu :D

      Delete
    2. Yaa menyikapinya dengan banyak sedekah, apa yng uda kita dapet sisihkan untung sedekah, biar barokah . Amin

      Delete
  8. Berarti kerja di bank gak barokah mas ? Soalnyakan penghasilannya dari bunga customer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa lebih baik dihindari..:D

      Delete
    2. kalo bank kadang uangnya diputer pemilik buat usaha2nya yg lain

      Delete
    3. iy mas,,kembali ke personal masing2 menyikapinya...

      Delete
  9. menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang dunia konstruksi dan perencanaan.
    silahkan kunjungi website di bawah ini
    http://ftsp.gunadarma.ac.id/sipil/

    ReplyDelete
  10. Haduh..saya mau trenning surveyor ,, gimana nih gann !!

    ReplyDelete
  11. Wuaduh...jadi mikir 2 x nih..

    ReplyDelete
  12. Wuaduh...jadi mikir 2 x nih..

    ReplyDelete
  13. Saya juga hari ini mulai trenning surveyor,kita jalanin dulu aja bro toh rejeki kita engga tau dimana yg penting kita berusaha
    Kalo masalah berkah engga berkah itu diliat dari kebutuhan ekonomi skrang bro
    Kebutuhan ekonomi yg mendesak memaksa kita bekerja dan allhamdulilah adanya pekerjaan surveyor insyaalloh berkah bro karna niat kita baik utk menafkahi keluarga tapi akan jadi tidak berkah dan malah tambah dosa jika kita tidak manafkahi keluarga

    ReplyDelete