Uang Baru Seribu Dan Sepuluh Ribu

Ada uang baru sob,,,wow wow.....Ney yang ditunggu ank kecil lo mau lebaran ya he2 ...

Bank Indonesia, Selasa (20/07/10) kemarin di BAndung meluncurkan uang baru pecahan seribu rupiah dan sepuluh ribu rupiah sob.....

YAng Rp1000 rupiah uang logam dengan gambar Gedung Sate dan Angklung...






Gambar dan fitur dari uang lo­gam pecahan Rp1.000 yang baru ini dari sisi muka terdiri empat re­lief. Antara lain, relief teks Bank In­donesia, relief gam­­bar burung ga­ruda, relief angka mominal 1000, relief teks Rupiah.

Se­dang­kan sisi belakang ada lima relief ya­itu, relief teks tulisan ANG­KLUNG, relief latar belakang gam­bar gedung sate, relief gam­bar angklung, relief titik bulat me­lingkar relief teks tahun emisi 2010,” urai Elang.

Untuk ciri umum antara lain ter­­buat dari logam nickel plated ste­el, ukuran uang berdiameter 24,15 sampai 0,10mm, tebal sisi uang 1,60 sampai 0,10 mm, se­dang­­­kan berat uang 4,5 sampai 0,18 gram.

BI mengeluarkan uang logam pecahan Rp1.000 ini per­tim­ba­ngan­nya dapat menghemat biaya cetak yang lebih tinggi nilainya di­bandingkan nominal uangnya. Kalau bahannya dari logam, dapat menghemat pengeluaran negara untuk biaya cetak

Yang Rp10.000 sama bentuk dan gambarnya tapi ada perbedaanya loh...

- Penambahan unsur pengaman rainbow printing dalam bidang berbentuk segi lima yang memiliki efek berubah warna (efek pelangi) apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, pada sebelah kanan gambar utama.

- Penambahan desain berbentuk lingkaran-lingkaran kecil berwarna merah dan di tengahnya berwarna putih yang letaknya tersebar pada sebelah kanan gambar utama.

- Perubahan kode tuna netra berupa satu buah lingkaran yang semua tidak kasat mata menjadi kasat mata dan terasa kasar apabila diraba (cetak intaglio), terletak pada samping kanan gambar utama.

- Penggantian tinta berubah warna (optical variabel ink) berupa segi delapan yang berubah warna dari hijau menjadi biru, apabila dilihat dari sudut pandang berbeda, menjadi desain logo BI di dalam bingkai berbentuk ornamen daerah Palembang dan tidak berubah warna (cetak offset), terletak pada sebelah kanan bawah uan



Related Posts:

11 Responses to "Uang Baru Seribu Dan Sepuluh Ribu"

  1. baru td mlm aku dpt yg koin nya tuh, emg keren dan kuat, kena magnet nempel tuh yg koinnya :h:

    ReplyDelete
  2. wah bagus euy.....belum nemu nih....cari dulu

    ReplyDelete
  3. wah sy blm dpt nih sob, hahaha, bagi satu donk, ntr tukeran deh sm uang sy yg lama, wkwkwkw

    ReplyDelete
  4. saya juga blum dapet sobat huhuhuh :a:

    ReplyDelete
  5. wah keren sob..salam kenal... :e:

    ReplyDelete
  6. AKu dah dapat yg koin Rp. 1000 kemare itu,, heheheh
    Salam blogger sob,,

    ReplyDelete
  7. Keluaran uang baru dari BI ini mirip 50rb

    ReplyDelete
  8. thnks infonya sob..bermanfaat bagi saya khususnya yang membaca..menanmbah ilmu juga..bila berkenan kita tukeran link sob yah..bila berkenan tukeran link komment di..
    http://ilmu-komputer23.blogspot.com/2010/07/komputer-terbaru-2010-asus-maxiimus-iii.html
    happy blogging yah..sukses selalu..

    ReplyDelete
  9. link sobat sudah terpasang di blogku..cek aja yah sob..jangan lupa pasang juga link blogku yah sob..thnks dah mau tukeran lnk..happy blogging sob..

    ReplyDelete
  10. hehe udah punya 2 yang koin 1000an

    ReplyDelete